Daftar Isi

Cara Menghitung Besi Cor (Tulangan)

Kalkulator besi cor disamping ini dapat membantu mengetahui berapa banyak besi cor yang Anda butuhkan untuk membuat tulangan di struktur beton dan mengetahui berapa biayanya.

Selain itu juga, Anda bisa memperkirakan berapa dimensi grid yang harus digunakan.

Untuk memudahkan anda memahaminya, pada artikel kali ini, Anda akan menemukan pengertian besi cor, kekurangan dan kelebihan besi cor, daftar harga besi cor, serta temukan tutorial langkah demi langkah tentang cara menggunakan kalkulator besi cor ini.

Apa itu besi cor?

Besi cor atau biasa dikenal juga sebagai besi tulangan (reinforcement steel/baja tulangan) adalah bahan bangunan yang digunakan untuk menguatkan kemampuan struktural dari sebuah bangunan.

Tulangan tersebut terbuat dari baja berpola (untuk meningkatkan daya rekat), dan biasanya ditempatkan sedemikian rupa untuk membuat rangka. Berkat karakteristik baja (koefisien ekspansi termal sangat mirip dengan beton), besi cor mengkompensasi kekuatan tarik beton yang rendah.

Biasanya besi cor memiliki beberapa ukuran diameter yang berbeda-beda. Ukuran tersebut berkisar mulai dari 6mm untuk yang paling kecil hingga mencapai 20mm untuk yang paling besar.

Semakin besar diameter dari besi yang digunakan maka secara otomatis kemampuan dari sebuah bangunan untuk menopang beban akan menjadi semakin meningkat.

Pengaplikasian besi ini juga cukup beragam, mulai dari membuat rangka besi dari bangunan hingga pembuatan pondasi cakar ayam. Dalam pembuatan pondasi, kekuatan dari besi cor juga dipengaruhi oleh campuran adonan cor supaya dapat menghasilkan pondasi dengan kekuatan yang baik.

Cek kalkulator semen yang kami buat ini untuk menghitung berbagai kebutuhan adonan semen dan beton di proyek anda.

Kekurangan dan kelebihan besi cor

Besi sebagai tulang cor memiliki keunggulan berupa harga yang terjangkau. Oleh karena itu banyak orang memakai besi jenis ini untuk keperluan cor bangunan. Tahukah Anda bahwa besi cor juga memiliki beberapa kekurangan di samping kelebihannya sebagai bahan cor? Berikut adalah beberapa kekurangan dan kelebihan besi cor yang patut Anda ketahui.

 

Kelebihan Besi Cor

Kekurangan Besi Cor

Harga jual jauh lebih murah dibanding dengan material sejenis.

Besi tidak dapat ditempa dan dibentuk ulang menyesuaikan dengan kebutuhan.

Titik lebur rendah memungkinkan proses pembentukan dapat dilakukan dengan cepat.

Besi cor tidak dapat di las untuk disambung atau ditambahkan panjangnya.

Tingkat korosi rendah sehingga rangka bangunan bisa terhindar dari karat yang berbahaya.

Tidak cocok untuk digunakan dalam konstruksi dengan skala besar. Ada bahan jenis lain yang dapat memberikan kekuatan konstruksi lebih baik.

Bagaimana cara menggunakan kalkulator besi cor?

Jangan khawatir dengan perhitungan kebutuhan besi cor Anda. Semua perhitungan di balik perencanaan konstruksi mungkin cukup membingungkan, tetapi kalkulator besi cor kami dapat memudahkan pekerjaan Anda. Berikut adalah parameter yang digunakan:

1. Dimensi grid (panjang & lebar).
panjang grid = panjang slab – (2 * jarak grid tepi)

2. Total panjang besi
total panjang besi = (rebar_columns * rebar_length) + (rebar_rows * rebar_width)

3. Jumlah besi yang dibutuhkan
Jumlah besi = total panjang besi / lebar slab

4. Total harga besi cor yang dibutuhkan. Kalikan jumlah besi yang dibutuhkan dengan harga satu potongan besi cor
Total harga = jumlah besi yang dibutuhkan * harga besi satuan

Daftar Harga Besi Cor

Apabila Anda tertarik untuk menggunakan besi cor sebagai bahan utama dari pondasi dan rangka bangunan di rumah, maka sudah sebaiknya Anda mengetahui referensi harga dari besi cor yang dijual saat ini. Berikut adalah referensi harga besi cor yang dapat Anda masukkan ke kalkulator besi cor prooyek.

 

Besi Cor ukuran 6mm

Rp25.500 / batang

Besi Cor ukuran 8mm

Rp43.500 / batang

Besi Cor ukuran 10mm

Rp63.500 / batang

Besi Cor ukuran 12mm

Rp90.500 / batang

Besi Cor ukuran 14mm

Rp116.000 / batang

Besi Cor ukuran 16mm

Rp145.000 / batang

*Update harga: September 2021

Sebagai bahan pertimbangan, harga di atas adalah harga untuk pembelian besi cor dengan pembelian per batang. Dengan kata lain, harga bisa berubah jika Anda membeli dengan hitungan per kilo. Untuk harganya besi untuk keperluan cor yang dihitung per kilo, setiap kilogram besi dijual dengan harga antara 8.000 hingga 9.000 rupiah. Jadi, pastikan pilihan Anda jatuh pada jenis besi cor yang tepat. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi Anda terutama yang sedang ingin mencari panduan dan referensi harga mengenai besi cor untuk bangunan tempat tinggal.

Biaya besi cor – contoh perhitungan

Di bawah ini adalah contoh perhitungan langkah demi langkah. Untuk contoh ini kami telah membuat beberapa asumsi angka sebagai data input:

Masukkan ukuran slab:
panjang = 6m, lebar = 4m.
Tentukan jarak:
grid – tulang = 40cm, grid – tepi = 8cm.
Isi harga material besi dan panjang besi satuan yang akan Anda beli:
harga rebar = Rp20,000/m, panjang besi satuan = 12m.
Tentukan berapa banyak cadangan sesuai keinginan Anda:
Cadangan = 10%
Terakhir, Anda sudah dapat perhitungannya!
panjang grid = 5,84m, lebar grid = 3,84m, total panjang besi = 112,13m, jumlah besi yang dibutuhkan = 11, biaya total = Rp2,640,000.