Kalkulator Berat Baja dan Plat Besi

Table of Contents

Kalkulator berat baja dan plat besi ini dapat membantu Anda menemukan berat plat besi dalam jumlah berapapun.

Kalkulator ini sangat berguna jika Anda berencana untuk mengangkut material. Dengan ini memungkinkan Anda untuk secara akurat memperkirakan biaya transportasi material ke tujuan yang Anda inginkan.

Kalkulator berat baja ini dibuat dengan memiliki banyak pilihan, baik dari segi bentuk maupun paduannya; Anda dapat menggunakannya untuk menghitung berbagai jenis tipe besi seperti besi perkakas, baja karbon, stainless steel, dan lain-lain.

Bagaimana cara menggunakan kalkulator plat besi ini?

Semuanya menjadi mudah dengan menggunakan kalkulator dalam prooyek.com ini!

Silahkan ikuti instruksi singkat di bawah ini tentang cara mendapatkan jawaban Anda.

  1. Pilih tipe baja yang Anda akan hitung. Anda bisa klik kotak putih di bawah judul “Tipe Baja” untuk melihat tipe besi lain dengan massa jenis (density) yang berbeda. 
  2. Pilih bentuk plat besi yang akan dihitung. Kalkulator berat plat besi prooyek menyediakan perhitungan untuk plat besi berbentuk persegi, persegi panjang, dan lingkaran. Kami telah menyertakan bentuk paling umum dalam kalkulator berat plat besi kami, tetapi jika Anda tidak dapat menemukan yang Anda cari, pilih opsi “Lainnya”. Dalam hal ini, kami akan meminta Anda untuk memberikan volume elemen logam.
  3. Masukkan informasi ukuran atau dimensi plat besi . Bergantung pada bentuknya, kami akan meminta Anda untuk mengisi beberapa informasi tambahan yang kami perlukan untuk menghitung volume satu bagian. Misalnya, dalam kasus lembaran plat besi persegi panjang, kalkulator berat bahan perlu mengetahui panjang dan lebar persegi panjang untuk menghitung luas permukaannya, dan, dalam kasus lingkaran, kalkulator akan meminta Anda diameter. Dalam beberapa kasus, kami juga akan menanyakan ketebalan elemen logam.
  4. Masukkan jumlah plat besi. Kami telah menuliskan 1 sebagai opsi default, supaya Anda dapat langsung melihat berat satu keping plat besi nya. Jangan ragu untuk mengubah angka ini sesuai dengan kebutuhan Anda!

Setelah memasukkan semua data yang tercantum di atas, Anda akan melihat hasil Anda di bidang paling bawah dari kalkulator plat besi.

Bagaimana cara menghitung berat plat besi?

Meskipun kalkulator plat besi prooyek tampak rumit pada pandangan pertama, pada intinya, kalkulator ini beroperasi dengan formula yang sangat sederhana. Semuanya berasal pada rumus berat dasar:

berat=volume×massajenis

Dalam kalkulator ini, ada elemen tambahan yaitu dengan mengalikan berat dengan jumlah plat besi, sehingga persamaan akhirnya adalah:

berattotal=volume×massajenis×jumlahplat

Kunjungi kalkulator besi cor dan kalkulator atap baja ringan yang khusus kami buat untuk memudahkan pekerjaan anda.