Table of Contents

Menghitung Kebutuhan Batu Bata

Jika Anda akan memulai pekerjaan konstruksi dan ingin mengoptimalkan biaya, kalkulator batu bata ini adalah sahabat baru Anda. Kalkulator ini akan membantu Anda memperkirakan berapa banyak bata yang Anda butuhkan untuk menutupi permukaan dinding tertentu. 

Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut cara kerja kalkulator batu bata dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk memperkirakan secara akurat berapa banyak batu bata yang Anda perlukan untuk proyek Anda.

Berapa banyak batu bata yang saya butuhkan untuk dinding saya?

Jika Anda bertanya-tanya berapa banyak batu bata yang Anda butuhkan, lebih baik untuk menghitung daripada menebak. Jika tidak, kemungkinan besar Anda akan kehabisan, atau Anda akan memiliki terlalu banyak bata tersisa.

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk menentukan jumlah batu bata yang akan Anda gunakan adalah dengan mempertimbangkan permukaan yang ingin Anda tutupi. Untuk melakukannya sendiri, Anda harus menghitung:

Area yang dicakup oleh satu bata; 

dan Luas tembok.

Anda dapat menghitung berapa banyak batu bata yang Anda butuhkan menggunakan persamaan sederhana ini:

batu bata yang dibutuhkan =(L×H)(l+t)×(h+t)

dimana:

  • L – Panjang dinding;
  • H – Ketinggian dinding;
  • l – Panjang batu bata;
  • t – Ketebalan sambungan mortar
  • h – Tinggi batu bata.

Kalkulator bata kami akan membantu Anda memperkirakan berapa banyak batu bata yang Anda butuhkan. Kami juga memasukkan perhitungan waste, sebagai cadangan dari kebutuhan Anda sebenarnya. Dengan ini, kalkulator bata akan memberi Anda dua angka. Yang pertama memberi tahu berapa banyak batu bata yang Anda perlukan untuk membangun dinding dengan dimensi tertentu, sedangkan yang kedua menunjukkan berapa banyak batu bata yang Anda butuhkan ketika mempertimbangkan waste yang tak terhindarkan.

Bagaimana cara menggunakan kalkulator bata ini?

Menggunakan kalkulator bata prooyek sangat mudah. Anda cukup memasukkan nilai yang dibutuhkan, dan kalkulator bata kami akan langsung menampilkan hasilnya. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  1. Masukkan dimensi bata yang ingin Anda gunakan.
  2. Masukkan ketebalan sambungan mortar yang Anda inginkan.
  3. Ketik panjang dan tinggi dinding atau luas totalnya.
  4. Dengan pengukuran di atas, Anda sudah tahu berapa banyak batu bata yang Anda butuhkan. Masukkan persentase waste untuk mengetahui berapa banyak batu bata yang harus Anda beli.