5 Jenis Lantai Vinyl Terpopuler Untuk Hadirkan Suasana Baru di Rumah

Vinyl semakin populer sebagai pelapis lantai karena kepraktisannya dalam pemasangan dan perawatan. Tapi apakah jenis lantai vinyl memang sudah sesuai untuk hunian anda?

Popularitas lantai vinyl didorong oleh banyaknya pilihan jenis dan warna

Anda sedang merencanakan untuk merenovasi atau mendekor ulang rumah? Lantai Vinyl bisa dipertimbangkan ke dalam perencanaan Anda jika hendak mendekor ulang ruangan atau kamar di dalam rumah. Vinyl adalah pilihan yang tepat untuk memberikan hasil “instan” yang cantik namun tidak membuat kantong Anda kempes.

Vinyl adalah pelapis lantai dengan berbagai macam corak yang sesuai untuk rumah, studio hingga ruangan kantor. Lantai vinyl semakin disukai belakangan ini karena kepraktisannya dalam pemasangan, bahkan Anda bisa memasangnya sendiri. Caranya hanya dengan merekatkan vinyl pada lapisan lantai atau keramik yang sudah dibersihkan dan dikeringkan.

Ada berbagai jenis lantai vinyl yang anda bisa pasang sendiri dirumah

Dengan metode pemasangan yang do it yourself (DIY) ini maka Anda juga bisa dengan mudah menggantinya. Anda bisa menggantinya dengan motif yang lain sesuai selera untuk berganti suasana. Soal ketahanannya juga hampir sama dengan lantai keramik yaitu tahan api dan air sehingga tidak tidak perlu khawatir akan lapuk.

Namun sebelum memutuskan untuk memasangnya di lantai rumah, alangkah baiknya mengenal macam-macam jenis lantai vinyl supaya tidak salah memilih. Motif lantai vinyl yang paling umum digunakan adalah motif kayu dengan corak serat kayu yang terlihat jelas. Motif tersebut jadi pilihan populer karena memberikan kesan nature di dalam rumah tanpa perlu memakai lantai papan kayu sungguhan yang perawatannya cukup merepotkan.

Berikut ini jenis-jenis lantai vinyl yang cocok untuk digunakan untuk hunian atau studio kerja anda :

Vinyl Tile

Vinyl tile mudah dipasang dan diganti ganti

Jenis lantai vinyl jenis tile ini juga cukup populer karena didesain dengan bentuk menyerupai lantai keramik. Kelebihan jenis lantai vinyl tile ini pemasangannya cukup mudah dan dapat dikreasikan agar membentuk pola-pola unik yang berbeda. Persis seperti merangkai keramik untuk lantai atau dinding.

Selain itu, kelebihan lainnya dari vinyl tile ini adalah harganya yang terjangkau jika dibandingkan jenis lantai keramik yang memiliki bentuk hampir mirip. Namun perlu diketahui, vinyl jenis ini diproduksi dengan berbagai ukuran mulai dari 30 cm hingga 50 cm dan dibuat dengan ketebalan yang berbeda-beda.

Vinyl Plank

Jenis lantai vinyl plank relatif mudah dipasang, pastikan anda menggunakan alat yang tepat

Vinyl plank juga biasa disebut sebagai lantai kayu karena bentuk dan pemasangannya menyerupai lantai kayu asli. Bentuknya berupa  lembaran persegi panjang dengan berbagai ketebalan yang berbeda-beda mulai dari 2 mm sampai dengan 3 mm.

Ada dua jenis lantai vinyl Plank yang ada di pasaran yaitu permukaan emboss dan non-embossed. Permukaan embossed akan terasa kesat ketika dipijak karena memiliki tekstur serat kayu. Sedangkan yang non-embossed terasa halus dan licin yang membuatnya lebih mudah dibersihkan.

Vinyl Roll

Dari semua pilihan type, jenis vinyl roll mungkin yang paling ekonomis

Vinyl Roll juga biasa disebut dengan vinyl karpet. Sesuai namanya, vinyl ini berbentuk gulungan panjang yang mirip karpet. Perlu diperhatikan bahwa proses pemasangannya tidak semudah vinyl Tile namun dengan hasil yang lebih rapi karena hanya terdapat sedikit sambungan. Vinyl Roll biasanya tersedia dengan ketebalan mulai dari 0.5 mm sampai dengan 2,2 mm dan ukuran 2 m x 25 m.

Vinyl Click

Vinyl click terasa seperti mainan, sangat mudah dipasang oleh pemula sekalipun

Vinyl Click juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menghemat budget tapi mendapatkan sensasi lantai kayu. Harga vinyl Click bisa separuh harga lantai kayu asli lho. Bentuk vinyl ini memang berupa lembaran yang dipasang seperti puzzle. Ya,vinyl Click bisa dibilang unik dibanding yang lainnya karena sistem pemasangannya bukan dengan cara direkatkan. Vinyl ini memakai mekanisme “klik” atau pengunci pada keempat sisinya. Setiap lembaran juga dapat diatur dengan mudah dalam satu baris tanpa perlu repot meratakan berulang-ulang.

Luxury Vinyl

Beda harga tentu beda kualitas. Luxury vinyl selain awet juga tahan banting

Luxury Vinyl mungkin belum terlalu populer di pasaran Indonesia namun justru itu akan menambah keunikan tampilan lantai di rumah Anda. Vinyl jenis ini didesain agar terlihat sangat mewah setelah dipasang. Secara visual menghadirkan tampilan lebih real dan natural.

Tak hanya visualnya, Luxury vinyl juga dibuat lebih “tahan banting” (high performing flooring). Vinyl jenis ini kuat tapi terasa lembut saat dipijak, waterproof dan tetap nyaman di segala musim. Bahkan Luxury vinyl disebut-sebut anti gores dan anti noda karena memiliki lapisan pelindung ekstra yang aman untuk digunakan pada bagian dapur.

Vinyl tidak hanya praktis dipasang namun juga mudah dirawat dengan perlakuan yang sama seperti keramik dan ubin pada umumnya. Anda hanya perlu menyapu setiap hari dan mengepelnya beberapa kali saja dalam seminggu. Kalau misalnya vinyl sobek atau rusak, Anda masih bisa dengan mudah menambalnya tanpa perlu membongkar seluruh bagian.

Penutup

Dari semua jenis pelapis lantai, vinyl jelas telah memberikan angin segar bagi semua pemilik rumah dan bangunan. Selain kemudahan aplikasi, beberapa jenis vinyl memiliki tingkat keawetan yang cukup baik jika dibandingkan dengan pelapis lantai lainnya.

Namun perlu diperhatikan, permukaan vinyl tidak tahan goresan benda tajam. Oleh karena itu harus ekstra hati-hati saat memindahkan furniture dan memperhatikan jenis alas kaki yang menginjaknya.

Bagaimana? Sudah tertarik untuk memasang vinyl untuk lantai rumah Anda? Gunakan kalkulator lantai vinyl ini untuk menghitung kebutuhan biaya yang harus dikeluarkan.

BAGIKAN ARTIKEL INI
Facebook
LinkedIn
Twitter
WhatsApp
PENULIS

Hitung berbagai kebutuhan biaya proyek Anda

Gunakan kalkulator sederhana yang kami buat untuk mengetahui berbagai kebutuhan estimasi biaya proyek anda.

KALKULATOR MATERIAL

semen

beton

batu bata

pasir

atap baja ringan

berat plat besi

besi cor

KALKULATOR FINISHING

lantai keramik

lantai vinyl

wallpaper

cat

Maaf aplikasi kami saat ini sedang di sempurnakan.

Apakah anda bersedia menjadi tester aplikasi kami? Silahkan masukan email anda dibawah. Tim kami akan menghubungi anda.