Jenis dan Tipe Atap Baja Ringan

Seiring berkembangnya zaman dan peradaban manusia, banyak sektor kehidupan yang mengalami perubahan, salah satunya sektor konstruksi. Jika pada zaman dulu sekali manusia membangun rumah beratapkan ranting atau sabut, kini mayoritas orang membangun atap rumah menggunakan rangka kayu dan genting yang terbuat dari tanah liat.

Namun, rangka kayu dan genting pun kini sudah banyak ditinggalkan oleh sebab kualitasnya yang tidak tahan lama dan beban massa yang cukup berat, sehingga memiliki resiko rubuh atau reyot yang lebih tinggi.

Kini, para pelaku konstruksi lebih menyarankan dan menggalakkan penggunaan Baja Ringan untuk rangka dan atap rumah. Lantas, apa sih, baja ringan itu?

Baja ringan adalah bahan konstruksi yang merupakan perpaduan atau kombinasi dua unsur utama, yaitu karbon dan besi. Selain dua unsur tersebut, terdapat pula beberapa elemen tambahan dalam baja ringan, seperti titanium, nikel, kromium, dan masih banyak lagi. Dapat disebut baja ringan jika kandungan karbon nya rendah, berkisar pada 0,05-0,309% saja.

 

Ringan tapi Kokoh

Jika sebelumnya hanya digunakan di bangunan-bangunan komersial besar seperti pabrik, gudang, atau pertokoan, beberapa tahun ke belakang baja ringan mulai marak digunakan sebagai atap rumah. Hal ini karena baja ringan memiliki beberapa kelebihan untuk dibuat menjadi rangka atau atap rumah, seperti:

  • Memiliki Bobot yang Ringan

Atap konvensional yang rangkanya terbuat dari kayu dan menggunakan genting dari tanah liat tentu memiliki bobot yang cukup berat. Hal ini dapat meningkatkan resiko terjadinya kebocoran atau bahkan atap roboh saat diterpa hujan yang sangat besar. Belum lagi, jika material dinding yang digunakan kurang kuat, dapat memungkinkan terjadinya kerusakan pada dinding.

Sebaliknya, baja ringan (sesuai namanya) memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan atap kayu dan genting. Sehingga, jika pun material yang digunakan untuk tembok tidak cukup kuat, resiko atap rubuh sangat bisa diminimalisir.

                                                                             Image Source: Pinterest

 

  • Mudah Dibentuk

Rumah masa kini banyak yang bentuk nya tidak se-simetris persegi atau persegi panjang. Kelebihan baja ringan yang satu ini sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin mendesain rumah dengan bentuk unik. Hal ini karena baja ringan lebih mudah dibentuk dibandingkan jenis baja lainnya, atau dibandingkan dengan atap kayu.

  • Anti Rayap

Kelebihan lainnya yaitu atap baja ringan anti rayap. Tidak seperti rangka atap kayu yang justru menjadi tempat favorit rayap untuk menetap dan berkembang biak. Tentunya, ini menguntungkan Anda sebagai pemilik rumah karena tidak perlu mengganti rangka atap dalam waktu lama, sehingga tidak perlu juga mengeluarkan budget tambahan dalam beberapa tahun mendatang.

  • Harga yang Terjangkau

Jika Anda memiliki budget terbatas, maka kelebihan baja ringan yang satu ini pasti jadi yang utama. Anggaran yang perlu Anda keluarkan untuk membangun rumah dengan atap baja ringan tidak akan membuat dompet Anda tipis. Baja ringan merupakan jenis besi yang paling murah diantara besi lainnya.

 

 

Jenis-jenis Atap Baja Ringan

  • Atap Baja Ringan Galvalum

Atap baja ringan jenis Galvalum merupakan baja ringan yang terdiri dari 43,5% seng, 55% alumunium, dan sisanya mengandung beberapa bahan lain. Jenis baja ringan yang satu ini dikenal lebih tahan terhadap korosi. Karenanya, harga baja ringan Galvalum bisa dibilang lebih mahal dari jenis lainnya. 

  • Atap Baja Ringan Galvanis

Lain dengan baja ringan Galvalum, atap baja ringan Galvanis mengandung 98% seng dan 2% saja alumunium. Kekuatan anti korosi nya memang tidak setinggi Galvalum, namun harga atap baja ringan Galvanis lebih terjangkau. Baja ringan ini bisa bertahan dari korosi untuk waktu yang cukup lama.

  • Atap Baja Ringan Zincalume

Atap baja ringan Zincalume terdiri dari 55% alumunium dan 45% seng. Selain ringan dan kuat, Zincalume juga tahan karat. Komposisinya yang hampir mirip dengan Galvalum membuat jenis baja ringan ini memiliki kualitas ketahanan terhadap korosi yang hampir sama. Harga dari baja ringan jenis Zincalume ini juga cukup terjangkau.

 

 Bermacam Profil Atap Baja Ringan

  • Profil Z

Beberapa baja ringan dinamai sesuai dengan bentuknya. Seperti baja ringan profil Z yang bentuk nya jika dilihat memang menyerupai huruf Z. Titik profil baja ringan Z ada di tengahnya, sehingga dapat memudahkan penyeimbangan beban di kanan-kiri. Fungsi dari profil Z ini adalah untuk penyambungan, terutama pada struktur kuda-kuda atap.

  • Profil W dan C

Kalau dilihat dari bentuk, profil yang satu ini lebih mirip huruf C ketimbang W. Namun, yang membedakan profil W dan C adalah ukurannya, sedangkan bentuknya memang sama. Profil baja ringan W dan C bertugas untuk melengkapi fungsi dan kekuatan profil Z. Selain itu, kedua profil ini juga memiliki fungsi sebagai batang struktural dengan ketebalan 0,8 sampai 1 mili meter.

  • Profil B

Profil yang terakhir adalah profil baja ringan B, atau yang lebih dikenal dengan sebutan reng. Tidak seperti dua profil sebelumnya yang dinamai berdasarkan bentuk, profil B tidak berbentuk seperti huruf B. Fungsi dari profil ini adalah sebagai batang penahan pada bagian penutup atap.

Itu dia ulasan tentang pengertian, kelebihan, jenis-jenis, dan macam-macam profil baja ringan yang banyak digunakan sebagai atap rumah. Jika Anda sedang atau akan membangun rumah, ruko, dan bangunan lainnya dengan budget yang cukup terbatas, maka tidak ada salahnya untuk menjatuhkan pilihan pada Atap Baja Ringan demi menghemat anggaran dan meminimalisir resiko usia atap yang pendek.

BAGIKAN ARTIKEL INI
Facebook
LinkedIn
Twitter
WhatsApp
PENULIS

Hitung berbagai kebutuhan biaya proyek Anda

Gunakan kalkulator sederhana yang kami buat untuk mengetahui berbagai kebutuhan estimasi biaya proyek anda.

KALKULATOR MATERIAL

semen

beton

batu bata

pasir

atap baja ringan

berat plat besi

besi cor

KALKULATOR FINISHING

lantai keramik

lantai vinyl

wallpaper

cat

Maaf aplikasi kami saat ini sedang di sempurnakan.

Apakah anda bersedia menjadi tester aplikasi kami? Silahkan masukan email anda dibawah. Tim kami akan menghubungi anda.