7 Jenis Bata Untuk Bangunan, Fungsi Dan Tips Menghitungnya

Siapa yang tidak tahu Batu bata? material yang satu ini sangat populer sebagai salah satu bahan bangunan penting saat mendirikan sebuah bangunan. Karakteristiknya yang kuat dan tahan cuaca menjadikan bata sebagai bahan yang lazim digunakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Namun ternyata jenis bata dan fungsinya juga beragam.

jenis bata - pria sedang memplester bata

Mengenal jenis bata dan fungsinya

Dari semua jenis, mungkin Anda lebih mengenal jenis bata merah atau batako sebagai bahan bangunan. Namun ternyata batu bata ternyata memiliki lebih banyak ragam dengan fungsi yang berbeda-beda.\

Ada yang digunakan sebagai bahan pondasi, dinding atau bahkan ada bata yang digunakan sebagai dekorasi pemanis untuk sebuah bangunan.

Penasaran? berikut ini adalah tujuh jenis bata yang lazim digunakan di di industri konstruksi dan bangunan. 

Bata merah

jenis bata - jenis bata merah
Jenis bata merah yang paling umum digunakan dalam konstruksi

Bata merah mungkin adalah jenis material yang paling sering digunakan di seluruh dunia untuk membuat sebuah bangunan. Terbuat dari tanah liat khusus yang dicetak, dikeringkan lalu dibakar dengan suhu tinggi untuk menjadikannya material yang kuat.

Sebagai material bangunan bata merah memiliki beberapa kelebihan :

  • Estetika : Batu bata menawarkan berbagai warna dan tekstur alami.
  • Kekuatan : Batu bata memiliki kekuatan tekan yang tinggi
  • Porositas : Kemampuan untuk melepaskan dan menyerap kelembaban membantu membuat bata dapat mengatur suhu dan kelembaban di dalam struktur
  • Anti Api : Jika dibuat dengan benar, batu bata dapat menahan api pada peringkat perlindungan maksimum hingga 8 jam
  • Peredam Suara : Jumlah suara yang diblokir dinding bata bervariasi, namun bentuk standar bata dapat memblokir rata-rata antara 60-70 desibel, dan dinding bata dapat dibuat untuk memblokir lebih dari 200 desibel
  • Insulasi : Jika dibandingkan dengan bahan lain, Batu bata dapat menyerap dan melepaskan panas secara perlahan sebagai insulasi termal yang sangat baik . Dengan mengatur dan mempertahankan suhu interior yang konstan dalam sebuah struktur, batu bata dapat menghemat energi 50% lebih banyak daripada kayu
  • Anti Aus : Komposisi yang kuat tahan terhadap keausan yang umum terjadi pada bahan lain.

Batako

jenis bata batako - pekerja sedang membuat batako
Pekerja sedang memproduksi batako, alternatif murah dari batu bata

Batako terbuat dari campuran semen dan pasir kasar. Ukurannya lebih besar daripada bata merah, tetapi lebih ringan. Ada dua jenis batako yaitu batako tras dan batako semen.

Jenis bata ini lebih sering dipakai untuk membangun rumah bertingkat. Namun kelemahannya, lebih mudah retak dan menyimpan panas.

Bata ringan

jenis bata ringan
Alternatif terbaru untuk struktur bangunan, bata ringan.

Bata ringan disebut juga dengan nama bata hebel. Bata ini memiliki kelebihan di bobotnya yang ringan namun kuat.

Terbuat dari pasir, semen, busa kimia, gipsum, kapur, pasta aluminium, dan air, harganya memang lebih mahal. Untuk memasangnya pun memerlukan tenaga ahli dan perekat khusus.

Bataton

jenis bata - bataton

Bataton adalah singkatan dari bata beton. Bata ini terbuat dari pasir, semen, kerikil, air, dan bahan lainnya.

Sekilas penampilannya mirip dengan batako. Namun Bataton lebih kuat dan bentuknya pun lebih bervariasi. Yaitu:

  • Bataton interlock. Memiliki cekungan dan tonjolan di kedua sisinya. Fungsinya sebagai kunci ketika dua bataton disatukan.
  • Bataton aerasi. Yaitu bataton yang dan kekuatannya setara dengan tujuh bata merah.
  • Bataton berongga. Bataton ini memiliki bentuk beragam dan lazim digunakan sebagai pengikat pondasi.

Bata rooster

jenis bata rooster
Bata roster semakin populer digunakan untuk daerah tropis

Bata roster memiliki lubang-lubang di bagian tengahnya. Lubang ini berfungsi sebagai ventilasi alami agar udara dan cahaya bebas masuk ke dalam rumah.

Jenis bata ini tidak digunakan sebagai bahan dinding atau pondasi yang akan ditutupi semen. Namun bisa digunakan sebagai fasad. Walau tidak terlalu kuat namun harganya cukup terjangkau.

Bata purpose-made

Disebut bata purpose-made karena memang dibuat untuk kegunaan tertentu. Bata ini terbuat dari campuran tanah liat dan pasir. Bentuk,ukuran dan warnanya beraneka ragam.

Karena dibuat khusus dan tidak dalam jumlah besar, harganya pun cenderung mahal. Biasanya bata ini digunakan sebagai ornamen interior dan eksterior bangunan, konstruksi pintu dan jendela, atau fasad.

Tips memilih bata sesuai kebutuhan bangunan

Dengan banyaknya jenis batu bata serta fungsinya yang berbeda-beda, Anda harus bisa menentukan dengan tepat apa jenis bata yang Anda inginkan. Termasuk berapa jumlah yang Anda butuhkan. Agar tidak terjadi kelebihan jumlah bata yang dibeli.

Beda bangunan, beda jenis bata

Membangun rumah satu lantai tentu membutuhkan jenis bata yang berbeda dengan rumah dua atau tiga lantai. Semakin besar bangunan, semakin kuat pula bata yang diperlukan untuk pondasi dan dindingnya.

Bata merah relatif bisa digunakan untuk rumah satu atau dua lantai. Namun jika Anda memiliki dana berlebih, menggunakan bataton dapat menjadi pilihan.

Ukuran bangunan berpengaruh

Sebelum menentukan berapa banyak bata yang harus dibeli, sebaiknya dihitung dahulu berapa banyak batu bata yang dibutuhkan.

Cara mudahnya adalah dengan menggunakan rumus berikut:

Kebutuhan bata per 1m2 = 1:(p+a) x (l+a)

Dimana: 

p = panjang batu bata

a = ketebalan adonan plester 

l = lebar batu bata

Contohnya:

Anda ingin membangun tembok dengan panjang 3 meter dan tinggi 3 meter. Ukuran batu bata yang Anda gunakan adalah 5×20 cm. Sedangkan ketebalan lapisan semen diperkirakan 2 cm. Maka jumlah bata yang dibutuhkan adalah:

1: (0,2 m+0,02m) x (0,05 m+0,02m)

1: 0,22 x 0,07

1: 0,0154

=64,93

Sehingga jumlah batu bata yang Anda butuhkan per 1m2 adalah 64,93

buah. Atau dibulatkan menjadi 65 buah. Lalu, bata yang dibutuhkan untuk sebidang dinding dengan ukuran 3 x 3 meter adalah:

(3×3) x 65 buah = 584 buah.

Untuk mengantisipasi bata yang pecah atau retak dan tidak bisa digunakan, sebaiknya jumlah tersebut dibulatkan ke atas menjadi 590 buah.

Untuk lebih mudahnya anda bisa menggunakan kalkulator bata yang kami buat khusus untuk anda.

Batu bata sebagai hiasan

Ada kalanya bata tidak hanya berfungsi sebagai material pembangun saja. Namun sekaligus digunakan sebagai penghias ruangan atau bagian dari interior.  

Untuk tujuan ini, Anda dapat memilih jenis bata merah atau bata roster. Bata merah memiliki warna yang eksotis dan hangat. Akan sangat cocok dengan interior tropis atau gaya industrial di rumah Anda. Adapun bata roster dapat digunakan sebagai fasad sekaligus sebagai jalan udara karena memiliki lubang. 

Jika Anda memiliki dana berlebih, jenis bata purpose made juga dapat dipilih. Bentuknya yang beraneka rupa dapat dipadukan dengan baik dengan gaya interior maupun eksterior bangunan.

Dengan mengetahui jenis bata dan penggunaannya dengan tepat pada bangunan, Anda akan mendapatkan rumah atau gedung yang kuat dan lebih indah. 

BAGIKAN ARTIKEL INI
Facebook
LinkedIn
Twitter
WhatsApp
PENULIS

Hitung berbagai kebutuhan biaya proyek Anda

Gunakan kalkulator sederhana yang kami buat untuk mengetahui berbagai kebutuhan estimasi biaya proyek anda.

KALKULATOR MATERIAL

semen

beton

batu bata

pasir

atap baja ringan

berat plat besi

besi cor

KALKULATOR FINISHING

lantai keramik

lantai vinyl

wallpaper

cat

Maaf aplikasi kami saat ini sedang di sempurnakan.

Apakah anda bersedia menjadi tester aplikasi kami? Silahkan masukan email anda dibawah. Tim kami akan menghubungi anda.