Cara Pasang Wallpaper Dinding Untuk Pemula

Sejak dulu wallpaper dinding banyak dipilih masyarakat untuk mempercantik dinding ruangan. Namun, banyak yang mengeluh jika cara pasang wallpaper dinding adalah proses yang sulit. Apa benar?

cara pasang wallpaper dinding

Wallpaper dinding dari tahun ke tahun kian menjadi kegemaran masyarakat untuk mempercantik dekorasi ruangan. Namun, tak jarang sebagian orang menanggapi cara pasang wallpaper dinding merupakan suatu pekerjaan yang sulit.

Faktanya, memasang wallpaper dinding memang membutuhkan ketelitian tingkat tinggi supaya hasilnya sesuai dengan ekspektasi anda. Padahal jika Anda sudah memahami cara memasang yang benar, Anda lumayan bisa menghemat biaya menyewa jasa pasang wallpaper dinding. 

Namun, sebelum Anda mencoba berkreasi memasang wallpaper dinding sendiri. Tidak ada salahnya anda membaca artikel di bawah ini, semoga dapat membantu Anda untuk memasang wallpaper dinding sendiri.

Baca Juga :

Gunakan Kalkulator Wallpaper Ini Untuk Menghitung Kebutuhan Wallpaper Berdasarkan Ruangan

Berikut Metode Menghitung Wallpaper Dinding Yang Benar

Mulai dari membersihkan dinding

Cara pasang wallpaper dinding yang pertama : sebelum mulai bekerja , pastikan jika dinding yang akan Anda pasang wallpaper sudah bersih dari kotoran atau benda-benda yang masih menempel seperti misalnya paku bekas rembesan air hujan.

Gosok dan kupas dinding dengan bersih untuk hasil yang maksimal

Setelah bersih, wallpaper akan dapat menempel dengan kuat. Jangan lupa juga untuk menambal lubang dinding agar dinding dalam keadaan rata.

Hitung Luas Dinding

Selanjutnya, Anda harus mengukur dinding agar mendapatkan wallpaper dinding yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk mulai mengukur dinding tentunya Anda harus menggunakan meteran.

cara pasang wallpaper dinding
Gunakan meteran untuk menghitung luasan dinding yang akan dipasang

Sehingga, saat membeli Anda dapat memperkirakan dengan pasti dan presisi berapa lebar dan tinggi dinding. Dengan begitu, Anda dapat memperkirakan berapa lembar wallpaper dinding yang harus Anda beli.

Persiapkan Alat & Perlengkapan Yang Tepat

Setelah Anda membersihkan dinding dan mengukurnya dengan benar. Anda memasuki tahap yang paling penting yaitu mempersiapkan perlengkapan dan peralatan. 

alat pengukur plumb bob
alat plumb bob

Selain Wallpapernya sendiri, Anda juga perlu menyiapkan beberapa peralatan seperti lem wallpaper yang bisa Anda dapatkan di toko material, cutter, gunting, meteran, pensil, spons, amplas, kape untuk membersihkan dinding, penggaris alas dari bahan plastic, benang dengan alat pemberat, kain perca, tangga dan plumb bob.

Potong Wallpaper Sesuai Ukuran

Jika Anda sudah mempersiapkan peralatan dan perlengkapan, langkah selanjutnya potonglah wallpaper sesuai dengan ukuran tinggi dan lebar dinding.

Gunakan cutter untuk mulai memotong wallpaper cutter, gunakan bantuan penggaris agar hasil potong bisa lurus. Karena lebar wallpaper umumnya tidak lebih dari 1-2 meter, Anda harus menyambung setiap bagian agar bisa menutupi seluruh bagian dinding. Perhatikan potongan semua bagian wallpaper sambungan bisa rapi  dan benar.

cara pasang wallpaper dinding
Tumpuk wallpaper untuk memastikan ukuran seragam.

Pro tips : Tumpuk bagian wallpaper pertama yang sudah dipotong dengan gulungan wallpaper yang belum terpotong untuk memotong bagian sambungan. 

Buat Acuan Garis Lurus Pada Dinding

Dengan menggambar garis lurus pada dinding, Anda akan memastikan wallpaper yang terpasang akan terlihat rapi. 

Anda dapat menggunakan alat bantu seperti benang serta pemberat yang digantung dari atas untuk membuat garis bantu yang lurus dengan pensil, atau Anda juga dapat menggunakan alat bantu yang bernama plumb bob.

Oleskan Lem Pada Wallpaper

Setelah selesai dengan mengukur dan memotong, selanjutnya Anda harus mengaplikasikan lem wallpaper dinding dengan menggunakan kuas pada dinding. Namun, Anda harus memastikan bahwa kuas yang Anda miliki tidak mudah rontok karena jika kuas mudah rontok dapat menimbulkan tekstur pada wallpaper dinding.

Gunakan isolasi kertas untuk membatasi bagian tertentu.

Gunakan lem wallpaper dinding secukupnya, jika terlalu sedikit wallpaper dinding tidak akan menempel dengan sempurna begitu pula sebaliknya, jika penggunaan lem wallpaper terlalu banyak, kemungkinan besar wallpaper dinding anda akan terlihat mengkerut dan bergelombang.

Saatnya Menempelkan Wallpaper

Setelah selesai, Anda perlu langsung untuk menempelkan wallpaper dinding. Ini merupakan tahapan cara pasang wallpaper dinding yang sangat krusial. Gunakan tangga ataupun alat bantu lain untuk membantu Anda naik di area dinding yang tinggi.

Pasangkan atau tempelkan pada area yang tinggi terlebih dahulu, kemudian rekatkan wallpaper dinding secara perlahan-lahan serta hati-hati. Anda cukup mengikuti garis bantu yang sudah Anda buat sebelumnya, dan jangan lupa untuk meratakan dan rekatkan dengan kape plastic atau penggaris.

Perhatikan Kerapian

Jika semua sudah terpasang, telusuri kembali dan jika Anda masih menemukan gelembung pada tengah dinding. Anda tidak perlu khawatir, ulangi ratakan wallpaper dinding dengan kape plastic atau penggaris. Ratakan mulai dari arah tengah hingga ke setiap ujungnya.

Jika sudah dan Anda menemukan sisa tepian wallpaper dinding yang belum rapi.  Potonglah tepian wallpaper dinding dengan cutter yang tajam agar wallpaper tidak mudah robek. Selain itu, Anda perlu membersihkan sisa lem agar tampilan dinding Anda berhasil menawan mata semua orang saat melihatnya.

Sudah selesai! Tunggu apalagi? Yuk, segera percantik dinding ruangan Anda dengan kreasi Anda sendiri. Kini dinding ruangan akan tampak elegan dan menawan, selain Anda memiliki keterampilan baru Anda juga dapat menghemat keuangan Anda. 

Semoga langkah-langkah cara pasang wallpaper dinding ini bisa membantu dan bermanfaat untuk anda.

BAGIKAN ARTIKEL INI
Facebook
LinkedIn
Twitter
WhatsApp
PENULIS

Hitung berbagai kebutuhan biaya proyek Anda

Gunakan kalkulator sederhana yang kami buat untuk mengetahui berbagai kebutuhan estimasi biaya proyek anda.

KALKULATOR MATERIAL

semen

beton

batu bata

pasir

atap baja ringan

berat plat besi

besi cor

KALKULATOR FINISHING

lantai keramik

lantai vinyl

wallpaper

cat

Maaf aplikasi kami saat ini sedang di sempurnakan.

Apakah anda bersedia menjadi tester aplikasi kami? Silahkan masukan email anda dibawah. Tim kami akan menghubungi anda.