Mau Pasang Sendiri? Cek Cara Menghitung Wallpaper Dinding Ini

Anda merasa bosan dinding ruangan yang begitu-begitu saja? Cobalah untuk mengganti konsep dinding ruangan dengan menggunakan wallpaper dinding. Selain praktis dan ekonomis, wallpaper dinding memiliki beragam motif sesuai dengan selera Anda.

Nah mungkin langsung saja, bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin memasang wallpaper dinding sendiri. Inilah cara menghitung wallpaper dinding pada ruangan.

Mulailah Hitung Luas Dinding Pada Ruangan

cara menghitung wallpaper dinding

Pasti Anda mengalami kesulitan jika ingin membeli wallpaper ruangan, bukan? Kesulitan pada berapa ukuran wallpaper yang sesuai dengan kebutuhan. Makanya, mulailah dengan menghitung luas dinding pada ruangan yang ingin Anda beri sentuhan wallpaper dinding.

Jika Anda ingin membeli wallpaper dalam bentuk roll gulungan, ukuran pada umumnya yaitu berkisar antara panjang 5 meter, 10 meter, 10 meter dan lebar 50 centimeter atau 93 centimeter.

Jika Anda sudah mengetahui luas dinding ruangan yang akan diberi tempelan wallpaper. Anda dapat mengetahui kebutuhan wallpaper dengan cara membagi luas dinding ruangan Anda dengan luas lembaran wallpaper.

Baca Juga :

Metode dan Teknik Pemasangan Wallpaper Dinding Yang Benar

Gunakan Kalkulator Wallpaper Ini Untuk Menghitung Kebutuhan Wallpaper Berdasarkan Ruangan

Tips Gampang : Cara Menghitung Wallpaper Dinding

Anda dapat mengetahui perkiraan jumlah gulungan yang harus dibeli dengan cara menghitung wallpaper dinding berikut ini :

Luas dinding satu sisi = (panjang x tinggi) – (Luas jendela atau pintu pada ruangan Anda)

Sedangkan, jika Anda ingin memasang wallpaper pada keseluruhan gunakan cara :

Luas dinding ruangan = (keliling ruangan x tinggi ruangan) – (luas jendela atau pintu pada ruangan Anda)

Jika Anda sudah mengetahui luas dinding ruangan yang akan diberi tempelan wallpaper. Anda dapat mengetahui kebutuhan wallpaper dengan cara membagi luas dinding ruangan Anda dengan luas lembaran wallpaper.

Contohnya, Anda memiliki ruangan dengan ukuran panjang 5 meter dan tinggi dinding Anda 5 meter (terhitung dari lantai ke plafon). Sedangkan, wallpaper yang Anda beli berukuran 0,5 meter x 10 meter.

Luas bidang yang akan tertutupi wallpaper = panjang x lebar

                                                                = 5 m x 5 m

                                                                = 25 m2

Untuk luas bidang wallpaper per gulungan = panjang wallpaper x lebar wallpaper

                                                                =10 m x 0,5 m

                                                                = 5m2

Bahan yang Anda butuhkan untuk satu sisi  = luas dinding ruangan / luas bidang 1 roll

                                                         = 25 m2/ 5m2                                                  = 5 roll

Jadi, Anda membutuhkan 5 roll untuk satu dinding dan untuk mengantisipasi kekurangan atau kesalahan yang Anda buat saat pemotongan dan penempelan. Anda dapat membeli lebih banyak sedikit dari kebutuhan gulungan wallpaper dinding.

Selain itu, pastikan anda memilih jenis wallpaper yang tepat. Karena tidak semua material wallpaper dibuat sama. Intinya ada harga ada rupa

Tips Anti Gagal Memasang Wallpaper Dinding Sendiri

Setelah memahami cara menghitung wallpaper dinding dengan metode yang benar, sekarang bagi anda yang ingin memasang sendiri, berikut beberapa tips yang bisa anda ikuti agar tidak gagal :

Pertama, mulailah siapkan perlengkapan dan peralatan mulai dari cutter, penggaris, pensil, alat plastik, tangga, meteran, benang pemberat, lem wallpaper, spons, kuas lem, amplas, roller kape untuk meratakan dinding serta 2 bak untuk adukan lem.

Kedua, Anda dapat memasukan lem pada bak yang sudah disiapkan. Gunakan air untuk bahan pencampurnya, dan Anda membutuhkan 2 lem yang perlu disiapkan yaitu untuk sambungan wallpaper dan menempelkan wallpaper. Untuk tingkat lem yang digunakan sambungan wallpaper harus lebih kental dari lem yang akan digunakan untuk menempelkan.

Ketiga, ukur panjang dan lebar bidang yang akan ditempel wallpaper dinding. Setelah selesai mengukur, lebihkan kira-kira 1 sampai 1,5 sentimeter untuk wallpaper sambungan. Dan jangan lupa potong wallpaper sesuai dengan kebutuhan beserta panel-panelnya.

Keempat, tandai dinding dengan posisi wallpaper menggunakan pensil serta benang dengan alat pemberat untuk menciptakan lurus dan rapi.

Kelima, Anda dapat menyapukan lem dengan bantuan roller pada permukaan bidang yang akan diberi wallpaper. Tempelkan secara perlahan dan hati-hati  dengan memperhatikan tanda garis yang sudah Anda buat agar hasilnya rapi dan maksimal. Jangan lupa gunakan lem yang lebih kental untuk bagian sambungan.

Keenam, terakhir. Anda dapat meratakan wallpaper yang sudah terpasang dengan penggaris, dan jangan lupa gunakan spons untuk menyerap kelebihan lem serta memotong sisa wallpaper dengan cutter.

Jadi, bagaimana? Anda sudah paham cara menghitung wallpaper dinding dan ingin segera menempel wallpaper dinding sendiri? Cukup mudah untuk dipraktekkan, bukan? Semoga bermanfaat!

BAGIKAN ARTIKEL INI
Facebook
LinkedIn
Twitter
WhatsApp
PENULIS

Hitung berbagai kebutuhan biaya proyek Anda

Gunakan kalkulator sederhana yang kami buat untuk mengetahui berbagai kebutuhan estimasi biaya proyek anda.

KALKULATOR MATERIAL

semen

beton

batu bata

pasir

atap baja ringan

berat plat besi

besi cor

KALKULATOR FINISHING

lantai keramik

lantai vinyl

wallpaper

cat

Maaf aplikasi kami saat ini sedang di sempurnakan.

Apakah anda bersedia menjadi tester aplikasi kami? Silahkan masukan email anda dibawah. Tim kami akan menghubungi anda.