Ini Cara Mudah Menghitung Biaya Lantai Vinyl

Vinyl, Tren Bagi Millennials

Lantai dari bahan Vinyl kini semakin jadi incaran para Millennials, khususnya bagi mereka yang baru memiliki rumah sendiri. Bukan tanpa alasan, penggunaan vinyl untuk lantai rumah atau ruangan dinilai dapat menambah kesan aestheticterhadap ruangan tersebut. Belum lagi, vinyl lebih hangat dan nyaman saat diinjak dibandingkan dengan keramik yang keras dan dingin.

Jika Anda berminat untuk menggunakan vinyl pada lantai rumah, dan benar-benar ingin memasang lantai vinyl tanpa bantuan tukang bangunan, Anda perlu benar-benar memperhitungkan jenis, motif, dan ukuran vinyl yang akan dibeli. Anda memang bisa menghemat biaya pemasangan, namun semua resiko harus siap ditanggung sendiri, ya.

Nah, kalau Anda masih kebingungan tentang berapa banyak box vinyl yang harus dibeli dan berapa biaya yang harus dikeluarkan, berikut telah kami rangkum ulasannya untuk Anda.

Berapa Box Vinyl yang Harus Dibeli?

cara menghitung lantai vinyl
Cara menghitung lantai vinyl – metode vinyl snap

Sebelum membeli, pastikan Anda sudah mengosongkan dan mengukur luas ruangan yang akan ditempeli lantai vinyl menggunakan alat ukur yang tepat. Selain itu, perkirakan juga motif vinyl yang cocok dengan tone ruangan tersebut. Hal ini guna menghindari ketidak cocokan antara lantai dan tembok ruangan Anda. Jangan sampai, setelah membeli baru menyesal, yaa.

Sekarang mari mulai menghitung. Satu box vinyl memiliki ukuran yang berbeda, sehingga jumlah cakupan nya pun berbeda. Vinyl dengan ketebalan 2mm memiliki cakupan luas 4.94 meter, isi di dalamnya adalah 36 pcs. Sementara, vinyl dengan ketebalan 3 mm memiliki cakupan luas 3.34 meter dan isi di dalamnya adalah 24 pcs. 

Sebagai contoh, jika ruangan yang akan dipasang vinyl memiliki luas 50 m dan Anda memilih vinyl 3mm, maka perhitungannya akan menjadi seperti ini:

50 : 3.34 = 14,9 (dibulatkan menjadi 15) box vinyl

Maka jumlah box vinyl yang Anda butuhkan adalah 15 box. Namun, ada baiknya jika Anda membeli box cadangan kalau-kalau ada kegagalan saat proses pemasangan.

Contoh lain jika Anda memilih vinyl dengan ketebalan 2mm dengan luas ruangan yang sama, maka perhitungan nya jadi seperti ini:

50 : 4,94 = 10,1 (dibulatkan menjadi 10) box vinyl

Maka jumlah box vinyl yang Anda butuhkan jika memilih ketebalan 2mm adalah 10 box saja. Namun sekali lagi, usahakan membeli 1 box cadangan, ya.

Estimasi Biaya Lantai Vinyl

Lantai vinyl yang dipasang rapi akan memberikan kesan hangat dan mewah

Nah, setelah mendapatkan perhitungan jumlah yang harus dibeli untuk ruangan yang akan ditempeli lantai vinyl, kini saatnya menghitung budget yang perlu Anda keluarkan.

Harga vinyl di pasaran memang cukup beragam. Ada yang jual murah mulai dari 200 ribu sampai yang cukup mahal seharga 600 ribu rupiah per box. Tentunya, harga lantai vinyl dengan tebal 2mm dan 3mm akan memiliki harga yang berbeda. Namun, kualitas yang akan Anda dapatkan pun akan sesuai dengan harga.

Untuk estimasi, mari kita ambil harga tengah. Misal harga satu box vinyl berukuran tebal 3mm yang akan Anda beli berkisar di 400 ribu rupiah. Kemudian estimasikan Anda akan membeli 16 box vinyl (15 box utama dan 1 box cadangan). Maka Anda hanya perlu menghitungnya seperti ini:

Rp 400.000.- x 16 (box) = 6.400.000,-

Maka, dana yang perlu Anda keluarkan untuk membeli 16 box vinyl untuk ukuran luas ruang 50 m adalah Rp 6.400.000,-.

Sekarang, jika Anda membeli lantai vinyl berukuran tebal 2mm, dan misal harga tengah yang diambil adalah 300 riburupiah, dan Anda akan membeli 11 box vinyl (10 box utama dan 1 box cadangan) maka perhitungannya adalah:

Rp 300.000.- x 11 (box) = 3.300.000,-

Jadi, dana yang perlu Anda keluarkan untuk membeli 11 box vinyl untuk ukuran luas ruangan 50 m adalah Rp 3.300.000,-.

Perbandingan harga Antara lantai vinyl 2mm dan 3mm memang cukup jauh, hampir 2 kali lipat. Namun kembali, kualitas yang akan Anda dapatkan jika membeli vinyl 2mm tentu tidak akan sama dengan kualitas vinyl 3mm.

Yang perlu diingat adalah, biaya ini belum termasuk harga lem, welding rod, kuas dan compound yang harus digunakan (jika permukaan lantai tidak rata). Jadi, persiapkan juga dana tambahan untuk membeli perlengkapan memasang vinyl secara manual, ya.

Itu dia cara mudah menghitung jumlah box dan budget pemasangan lantai vinyl manual.

Jika dibandingkan dengan keramik, harga vinyl memang bisa dibilang lebih mahal. Namun, jika Anda mengutamakan keindahan dan ingin memberi kesan hangat pada rumah, maka vinyl adalah pilihan terbaik.

Pemasangan vinyl yang cukup mudah dibandingkan dengan pemasangan keramik juga bisa Anda lakukan sendiri tanpa perlu menyewa tukang bangunan. Selain itu, pemasangan lantai vinyl tidak memerlukan semen sehingga Anda tidak perlu membeli pasir dan semen. Anda juga tidak perlu khawatir ruangan atau akses ke ruangan menjadi kotor oleh semen yang berceceran, atau debu bekas pemotongan keramik.

Hal ini juga menguntungkan untuk Anda yang ingin hasil instan, karena lantai vinyl tidak perlu waktu lama untuk mengering dan menempel dengan sempurna. Lain dengan pemasangan keramik yang perlu menunggu sampai semen kering. Anda akan punya lebih banyak waktu untuk menata ulang kembali barang-barang Anda seperti semula.Bagaimana, sudah mantap ingin menggunakan vinyl sebagai flooring rumah Anda?

BAGIKAN ARTIKEL INI
Facebook
LinkedIn
Twitter
WhatsApp
PENULIS

Hitung berbagai kebutuhan biaya proyek Anda

Gunakan kalkulator sederhana yang kami buat untuk mengetahui berbagai kebutuhan estimasi biaya proyek anda.

KALKULATOR MATERIAL

semen

beton

batu bata

pasir

atap baja ringan

berat plat besi

besi cor

KALKULATOR FINISHING

lantai keramik

lantai vinyl

wallpaper

cat

Maaf aplikasi kami saat ini sedang di sempurnakan.

Apakah anda bersedia menjadi tester aplikasi kami? Silahkan masukan email anda dibawah. Tim kami akan menghubungi anda.