Begini Cara Menghitung Berat Plat Besi dan Baja Yang Benar

Peran plat besi tidak kalah penting di dunia konstruksi. Jika mengetahui jenis dan cara menghitung berat plat besi yang tepat, akan dihasilkan bangunan yang kokoh.

Kebutuhan plat besi dalam suatu konstruksi umumnya tidak sebanyak bata, semen atau pasir. Namun tetap saja harus diketahui jenis plat yang paling cocok digunakan pada konstruksi tersebut. Selain itu diperlukan juga cara menghitung berat plat besi yang tepat agar persediaan plat tidak kurang dari kebutuhan.

Plat besi merupakan besi berbentuk lempengan yang biasanya digunakan sebagai pelapis pintu, pelapis lantai pabrik, serta digunakan pada pekerjaan fabrikasi dan reparasi. Sifatnya kuat, tahan panas dan memungkinkan untuk dibor, dilas atau dibentuk sesuai kebutuhan.

Plat besi juga sangat bermanfaat sebagai penyangga dan penguat pondasi pada lokasi yang lembek dan membutuhkan cetakan. Plat besi juga digunakan sebagai pondasi untuk bangunan bertingkat atau gedung pencakar langit. Itulah sebabnya sangat penting mengetahui cara menghitung berat plat besi secara akurat. Karena akan mempengaruhi kekokohan bangunan yang didirikan.

Jenis-Jenis Plat Besi

Plat besi termasuk ke dalam bahan baja struktural. Sifatnya cukup fleksibel dan memiliki berbagai macam jenis dengan kegunaan berbeda. Di antaranya adalah:

Plat Besi Hitam

Plat hitam mempunyai ukuran 122 cm x 124 cm atau  4 x 8 kaki  untuk setiap lembarnya. Dengan ketebalan 1,2 mm hingga 200 mm, plat besi hitam termasuk jenis umum dalam struktur baja profil. 

Plat hitam juga sering digunakan sebagai penguat atau dudukan pada material profil. Juga dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan tangki dan produk material lainnya.

Plat Besi Kembang

Jenis plat kembang memiliki penampang atau permukaan bertekstur. Material ini disebut juga plat lantai atau plat berlian. ukuran plat besi ini adalah 1,2 m x 2,4 m. Sementara ketebalannya bervariasi.

Kebanyakan plat kembang diaplikasikan pada lantai bangunan, anak tangga pada sebuah bangunan, serta lantai pada sarana transportasi seperti bus, kereta, damkar, dan angkutan umum. Dengan tekstur yang dimilikinya, permukaannya menjadi tidak licin.

Plat Besi Bordes

Plat bordes Umumnya diaplikasikan pada sebuah tangga yang memiliki anak tangga lebih dari 12. Bordes sendiri merupakan daerah datar di bagian tangga yang biasanya dipakai untuk mengistirahatkan kaki.

Plat Besi Kapal

Sesuai dengan namanya, plat besi kapal paling banyak digunakan pada pembuatan kapal, material konstruksi dan fabrikasi. Jenis plat kapal lebih tahan korosi daripada jenis plat lainnya. Plat kapal umumnya berukuran antara 6×1,8 meter dan 6×1,5 meter.

Plat Besi Strip

Plat besi strip berbentuk seperti papan kayu dan ukurannya standar. Panjangnya 6 meter dan lebarnya 19-200 mm. Sedangkan tebalnya antara 3-12 mm. Plat strip sering diaplikasikan pada pagar, teralis pintu, jendela, dan beberapa konstruksi. Kelebihannya adalah material yang mudah untuk dibentuk dengan memanfaatkan las.

Cara Menghitung Berat Plat Besi

Agar mendapatkan ukuran plat besi sesuai kebutuhan, tentu harus dilakukan pengukuran berat plat besi terlebih dahulu. Panjang dan lebar plat telah memiliki standar tertentu sesuai SNI. Namun berat dan ketebalannya berbeda-beda. Ada tiga cara menghitung berat plat besi.

Menggunakan Tabel Standar

Tabel standar plat besi memuat ukuran berat dan ketebalan yang bervariasi untuk panjang dan lebar tertentu. Menggunakan tabel ini akan memudahkan Anda dalam menghitung berat plat besi. Berikut ini adalah contoh tabel berat plat besi ukuran 4’x8′.

Menggunakan Kalkulator Plat Besi

Cara menghitung berat plat besi lainnya adalah dengan menggunakan kalkulator plat besi. Kalkulator ini sangat akurat dan tentunya mudah digunakan. Cukup masukkan jenis dan bentuk besi atau baja yang ingin dihitung. Serta variabel panjang, lebar dan ketebalan plat besi dan secara otomatis berat plat akan terhitung. Salah satu kalkulator plat besi dapat Anda akses di situs www.prooyek.com.

Menggunakan Rumus Massa Jenis

Selain dengan tabel dan kalkulator, Anda juga bisa menghitung berat plat besi dengan menggunakan rumus massa jenis. Tenang, tidak rumit, kok. Anda bisa menggunakan rumus berikut:


Rumus 1 

m = ρ x V

Keterangan:

m = massa / berat plat (kg)

ρ = massa jenis besi (7,85 x 10-6 kg/mm³). Ini adalah besaran baku untuk massa jenis besi.

V = volume plat besi (mm³)

Contoh :

Selembar plat besi berukuran 1 mm x 1219 mm x 2438 mm. Berapakah massa (berat) nya?

m = ρ x V

m = 7,85 x 10-6 kg/mm³ x 1 mm x 1219 mm x 2438 mm

m = 23,33 kg

Rumus massa plat besi ini berlaku untuk jenis plat yang tidak memiliki lapisan tambahan.


Rumus 2

B = Vb x Bjb

Keterangan:

B = berat besi (kg)

Vb = Volume besi (m3)

Bjb = 7.850 kg/m3  (besaran baku untuk berat jenis besi)

Contoh: 

Sebuah pelat besi memiliki ukuran (2m x 2m) dengan tebal 2 mm, berapakah beratnya?

Konversikan dahulu semua ukuran ke salah satu satuan panjang. Dalam hal ini kita coba menggunakan satuan meter. Maka: 2 mm = 0,002 meter.

Maka berat besi = (2 x 2 x 0.002) m3  x  7850 kg/m3 = 62.8 kg

Dengan tiga cara menghitung berat plat besi di atas, akan sangat mudah mendapatkan berat plat besi secara akurat. Semoga bermanfaat.

BAGIKAN ARTIKEL INI
Facebook
LinkedIn
Twitter
WhatsApp

Hitung berbagai kebutuhan biaya proyek Anda

Gunakan kalkulator sederhana yang kami buat untuk mengetahui berbagai kebutuhan estimasi biaya proyek anda.

KALKULATOR MATERIAL

semen

beton

batu bata

pasir

atap baja ringan

berat plat besi

besi cor

KALKULATOR FINISHING

lantai keramik

lantai vinyl

wallpaper

cat

Maaf aplikasi kami saat ini sedang di sempurnakan.

Apakah anda bersedia menjadi tester aplikasi kami? Silahkan masukan email anda dibawah. Tim kami akan menghubungi anda.