Jangan Keliru, Begini Cara Memasang Lantai Vinyl Yang Benar

Cara memasang lantai vinyl – Bagi Anda yang menyewa apartemen, kontrakan, kos atau mungkin sedang berencana membangun rumah sendiri, flooring merupakan salah satu bagian yang harus dipertimbangkan. Seringkali, jika menyewa properti, tembok dan lantai ruangan dibiarkan seadanya oleh pemilik dengan alasan biaya renovasi yang mahal. Padahal, Anda juga pasti ingin memiliki kamar atau ruangan yang aesthetic dan bikin betahbukan?

Tenang…

Sebagai solusi, Anda bisa mengecat dinding atau menempelkan wallpaper/wallsticker. Sedangkan untuk lantai, solusi paling jitu adalah menggunakan lantai vinyl yang kini sedang booming di jagat maya untuk menutupi lantai yang sudah usang, retak, atau tidak sesuai dengan tone ruangan.

cara memasang lantai vinyl

Pemasangan vinyl sendiri biasanya dilakukan oleh tukang bangunan atau orang yang sudah ahli di bidangnya. Namun, jika Anda ingin menghemat biaya dalam pemasangan vinyl, Anda juga bisa, lho, memasang lantai vinyl secara manual.

Maka dari itu, kami sudah merangkum cara memasang lantai vinyl untuk Anda. Yuk, simak langkah-langkah nya berikut ini.

Cara Memasang Lantai Vinyl Sendiri

Ada beberapa cara memasang vinyl, seperti memasang satu per satu atau sekaligus. Namun pemasangan vinyl per lembar memiliki resiko permukaan yang tidak rata. Memang bukan masalah besar, namun hal ini akan merusak estetika dari lantai vinyl tersebut.

Tidak ingin kan, sudah mengeluarkan budget yang lumayan, tapi hasilnya tidak maksimal? Maka dari itu, kami jabarkan 7 tahapan pemasangan lantai vinyl secara sekaligus untuk Anda.

Pilih Ukuran dan Warna Sesuai Nuansa

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih ukuran dan motif lantai vinyl yang akan Anda gunakan. Untuk warna dan motif, Anda bisa sesuaikan dengan selera, namun jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan nuansa ruangan juga, ya. Sedangkan untuk ukuran, Anda bisa memilih antara vinyl dengan tebal 2mm atau 3mm. Hal ini dapat disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Jika sudah, simpan dulu di daftar belanja Anda.

Kosongkan dan Ukur Luas Ruangan

Jika sudah mantap pada pilihan warna dan ukuran lantai vinyl, langkah berikutnya adalah mengosongkan ruangan yang akan dipasangi vinyl. Keluarkan semua barang elektronik, furniture, hiasan dinding, alat kebersihan, dan lain sebagainya. Setelah itu, ukur luas ruangan menggunakan alat ukur yang sesuai. Setelah didapatkan ukuran yang tepat, Anda bisa segera membeli vinyl sejumlah yang dibutuhkan.

Oh ya, jangan lupa untuk membeli satu box vinyl cadangan untuk berjaga-jaga jika ada vinyl yang rusak saat proses perekatan.

Untuk memudahkan, anda bisa menggunakan kalkulator lantai vinyl yang kami buat disini.

Ratakan Sela-sela Keramik

Jika Anda sudah mendapatkan seluruh vinyl dari toko bangunan terdekat atau online shop, maka hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah memastikan tidak ada keramik yang timpang. Jika ada, Anda harus terlebih dahulu meratakan sela-sela keramik tersebut dengan compound. Hal ini dilakukan guna menghindari hasil pemasangan vinyl yang bergelombang dan tidak merata.

Cetakan Kertas untuk Ruangan Tertentu

Jika ruangan yang akan dipasangi vinyl tidak berbentuk persegi atau persegi panjang seutuhnya, seperti terdapat pilar atau tonjolan dinding lain, Anda bisa terlebih dahulu membuat cetakan dari kertas untuk bagian yang tidak rata tersebut.

Cara ini juga bisa digunakan untuk ruangan yang cukup besar dan memiliki sanggahan. Membuat cetakan seperti ini akan memudahkan Anda untuk memotong vinyl nantinya.

Susun Vinyl Secara Terbalik untuk Measurement

Permukaan lantai sudah rata, cetakan sudah dibuat, kini saatnya mulai melapisi vinyl dengan lem. Tapi sebelumnya, Anda bisa menyusun vinyl secara terbalik (permukaan yang bermotif posisi menghadap ke bawah) untuk memastikan jumlah vinyl sudah cukup dan memastikan berapa banyak vinyl yang harus dipotong untuk disesuaikan dengan bentuk ruangan. Jika sudah, lapisi bagian belakang vinyl tersebut dengan lem.

Lem Lantai dan Mulai Pasang Vinyl

Langkah berikutnya adalah mengelem lantai yang sudah di-compound. Yap, selain vinyl itu sendiri, Anda juga harus mengelem lantai nya untuk mendapatkan tingkat kerekatan yang baik. Tuangkan lem pada lantai dan ratakan. Setelah itu, susun vinyl satu per satu di atas lantai tersebut. Teknik seperti ini lebih dianjurkan karena dapat menghasilkan hasil akhir yang lebih rapi dibandingkan mengelem dan menyusun vinyl satu per satu pada saat bersamaan.

Potong Bagian yang Terlalu Panjang

Jika semua lantai di ruangan sudah terlapisi vinyl, maka yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah memotong bagian vinyl yang terlalu panjang dan melewati batas ruangan (jika ada). Anda dapat menggunakan cutter untuk memotongnya. Selain itu, jika masih tersisa kelebihan vinyl yang cukup banyak, Anda dapat mengaplikasikannya sebagai pinggiran pembatas antara lantai dan dinding. Satu vinyl bisa dibagi menjadi dua secara memanjang jika jumlah nya tidak terlalu banyak.

Finishing

Kini Anda sampai di tahap terakhir. Jika semua vinyl sudah terpasang, sekarang Anda hanya perlu memastikan semua vinyl sudah terpasang sempurna. Jika masih ada bagian yang kurang menempel, Anda bisa mengoleskan lagi lem di vinyl tersebut. Terakhir, pukul-pukul lantai vinyl dengan palu (tidak perlu terlalu keras) agar menempel seluruhnya. Diamkan beberapa saat, dan Anda bisa membawa masuk barang-barang Anda kembali.

Bagaimana? Mudah bukan?

Jauh lebih mudah dari pemasangan keramik yang memerlukan keahlian khusus. Belum lagi, jika Anda ingin mengganti keramik yang sudah ada. Anda harus menghancurkan, merapikan, dan  meratakan terlebih dahulu permukaan tanah nya. Maka, vinyl memang solusi yang tepat untuk Anda yang ingin memiliki nuansa baru di ruangan.

Kini, ruangan Anda sudah cukup aesthetic untuk masuk ke dalam konten sosial media.

Selamat mencoba!

BAGIKAN ARTIKEL INI
Facebook
LinkedIn
Twitter
WhatsApp
PENULIS

Hitung berbagai kebutuhan biaya proyek Anda

Gunakan kalkulator sederhana yang kami buat untuk mengetahui berbagai kebutuhan estimasi biaya proyek anda.

KALKULATOR MATERIAL

semen

beton

batu bata

pasir

atap baja ringan

berat plat besi

besi cor

KALKULATOR FINISHING

lantai keramik

lantai vinyl

wallpaper

cat

Maaf aplikasi kami saat ini sedang di sempurnakan.

Apakah anda bersedia menjadi tester aplikasi kami? Silahkan masukan email anda dibawah. Tim kami akan menghubungi anda.